Artikel-02


HARIAN UMUM SORE

SINAR HARAPAN


Kamis, 22 Januari 2003

SABETH IMBAU KONI SAHKAN FKTI

Federasi Karate Tradisional Indonesia (FKTI) mengimbau agar KONI Pusat segera memulihkan hak hidup cabang olahraga Karate Tradisional yang telah dibelenggu selama puluhan tahun. Demikian Ketua Umum FKTI Sabeth Mukhsin, kepada wartawan, di Gedung Serba Guna Sekolah Atlet Ragunan, Jakarta, Kamis (22/1).


Sebagai cikal bakal olahraga Karate di Indonesia, FKTI yang duhulu tercatat sebagai penggagas berdirinya PORKI (Persatuan Olahraga Karate Indonesia) – kini berubah menjadi FORKI, merasa perlu untuk mengembalikan kitah Karate kepada ”kime” (penentu atau keaslian/red) teknik Karate yang sebenarnya.


”Selama ini ada fasisme dalam olahraga karate di Indonesia, sehingga esensi dari Karate Tradisional dipendam sejak tahun 1984,” ungkap Sabeth yang sempat dicekal lantaran mendirikan Persatuan Karate Standard Indonesia (PKSI) pada 24 Januari 1985 silam.

 

Menurut Sabeth, saat ini sudah tidak ada alasan lagi bagi KONI Pusat, untuk tidak mensahkan FKTI sebagai induk cabang olahraga Karate Tradisional yang berbeda dan setara dengan cabang olahraga anggota KONI lainnya.


Selain telah memiliki 22 perwakilan daerah, FKTI juga dipercaya oleh ITKF (Federasi Karate Tradisional Dunia) untuk memimpin wilayah ASEAN dan Asia-Oceania.


”Sejak tahun 2001 kita sudah mengajukan surat permohonan resmi ke KONI, namun belum ada tanggapan dari mereka. Padahal seluruh persyaratan untuk jadi anggota telah kita penuhi,” tandasnya.


Sabeth yang kemarin juga meluncurkan buku pedoman ”Karate Tradisional” yang merupakan olahan dari ”Best Karate” karya Prof. Masatoshi Nakayama, mengungkapkan bahwa KONI seharusnya mau membuka mata dan jangan meninggalkan sejarah masuknya olahraga Karate di Indonesia.


Terlebih lagi Komite Olahraga Internasional (IOC), sejak 1993 lalu, telah memisahkan cabang Karate Tradisional dengan Karate Umum yang belakangan lebih populer karena dipertandingkan di tingkat Asian Games atau SEA Games.

ITKF ditunjuk sebagai federasi yang memayungi Karate Tradisional serta WKF sebagai payung dari Karate Umum. (rid)

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s