Artikel-09


SUARA  MERDEKA

Perekat Komunitas Jawa Tengah


 

Jumat, 24 Januari 2003

Olahraga

FKTI Tunggu Keputusan KONI Pusat

 

JAKARTA Federasi Karate Tradisional Indonesia (FKTI) masih menunggu tanggapan terbuka KONI Pusat mengenai eksistensi mereka. Keputusan dan tanggapan itu sangat penting bagi kelangsungan organisasi.

 

”Kami menunggu sikap resmi KONI Pusat. Tanggapan itu menyangkut boleh atau tidak karate tradisional hidup. Keputusan itu penting artinya,” kata Ketua Umum FKTI Sabeth Muksin di Jakarta, kemarin.

 

Dia menuturkan hingga kini KONI Pusat belum bersifat terbuka atas keberadaan karate tradisional Indonesia. Namun secara ”tersirat” sebenarnya sudah ada pengakuan dari KONI Pusat terhadap karate tradisional Indonesia. Salah satu indikasi adalah restu KONI ketika tim FKTI mengikuti kejuaraan dunia di Beograd tahun 2002.

 

”Sayang, saat ada kegiatan kemarin tak ada wakil KONI Pusat yang hadir. Kami menggelar Rakernas Yayasan Inkai dan Bima Sakti Camp. Saat itu yang datang justru dari Dirjen Olahraga. Mereka memiliki komitmen menjadikan Yayasan Inkai sebagai mitra pemerintah dalam membina sumber daya manusia,” tutur Sabeth Muksin.

 

Salah satu keputusan Rakernas Yayasan Inkai, kata dia, adalah kesamaan visi dan persepsi semua peserta dan wilayah tentang kemandirian karate tradisional Indonesia. ”Kami komit bahwa karate tradisional adalah cabang olahraga yang mandiri. Kami juga menggelar gashuku dan ujian Dan nasional serta internasional. Tiga instruktur dari Jepang kami datangkan. Yakni, Oishi, Imamura, dan Izumiya. Mereka instruktur internasional,” tutur dia.

 

Tiga instruktur dari Jepang itu menyimpulkan bahwa potensi karateka Indonesia sangat bagus. Kekurangan ada pada frekuensi latihan.

”Mereka datang untuk memperbaiki teknik dasar karate. Tanpa teknik dasar yang baik, seorang karateka tak bisa mengembangkan variasi,” ucap Sabeth. (D3-77g)

 

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s