Artikel-16


MATERI UJIAN KENAIKAN TINGKAT KYU / DAN

 Ujian kenaikan tingkat KYU / DAN dilingkungan Institut Karate – Do Indonesia (INKAI) terbuka untuk seluruh anggotanya yang berada di cabang maupun ranting yang berada didalam 1 (satu) wilayah. Kegiatan ini merupakan ajang untuk mengukur tingkat kemajuan dan kemampuan bagi para siswa dan instrukturnya.

 Ujian kenaikan tingkat Kyu ini diadakan setiap 6 (enam) bulan sekali, hal ini sangat memungkinkan sekali bagi para siswa untuk berlatih secara teratur.

 Kriteria Penilaian ujian kenaikan tingkat Kyu mencakup 3 (tiga) elemen / unsur yaitu :

 Kihon (Tehnik Dasar)

Kihon secara harfiah berarti dasar atau fondasi. Praktisi Karate harus menguasai Kihon dengan baik sebelum mempelajari Kata dan Kumite.

Kata (Jurus)

Kata secara harfiah berarti bentuk atau pola. Kata dalam Karate tidak hanya merupakan latihan fisik atau aerobik biasa. Tapi juga mengandung pelajaran tentang prinsip bertarung. Setiap Kata memiliki ritme gerakan dan pernapasan yang berbeda.

Kumite (Pertarungan)

Kumite secara harfiah berarti pertemuan tangan. Kumite dilakukan oleh murid-murid tingkat lanjut (sabuk biru atau lebih). Tetapi sekarang ada dojo yang mengajarkan Kumite pada murid tingkat pemula (sabuk kuning). Sebelum melakukan Kumite bebas (Jiyu Kumite) praktisi mempelajari Kumite yang diatur (Go Hon Kumite) atau Yakusoku Kumite. Untuk Kumite aliran olahraga lebih dikenal dengan Kumite Shiai atau Kumite Pertandingan.

Penilaian ini sesuai dengan silabus yang tersedia di Institut Karate – Do Indonesia (INKAI) dengan mengacu pada ketentuan ujian yang dilakukan oleh Japan Karate Association (JKA).

Terlampir materi kenaikan tingkat Kyu yang berlaku dilingkungan Institut Karate – Do Indonesia (INKAI) berdasarkan Surat Keputusan Dewan Guru INKAI Nomor : SK / 04 / D.G. / VII /2004 tanggal : 17 Juli 2004 Tentang Penggantian Materi Ujian Kenaikan Tingkat Kyu Serta Tingkat DAN Yang Berlaku Dilingkungan INKAI.

Lampiran SK Dewan Guru INKAI Nomor : SK / 04 / D.G. / VII /2004

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s